6 Tips Makan Makanan Manis Tanpa Bikin Gula Darah Naik

Memiliki problem dengan gula darah mengharuskan Anda untuk betul-betul melindungi alur makan. Terutama, Anda mesti dapat kurangi konsumsi makanan manis supaya gula darah tidak melonjak mencolok. Walau demikian, ini bukanlah bermakna Anda tidak bisa konsumsi makanan manis sekali lagi selama-lamanya, kok! Yuk, ikuti panduan aman konsumsi makanan manis tanpa ada takut gula darah naik di bawah ini.
Ketentuan aman konsumsi makanan manis tanpa ada mengakibatkan gula darah naik

Sangat banyak konsumsi makanan manis bisa buat kandungan gula darah melonjak lebih dari batas normal, terutama untuk Anda yang telanjur miliki diabetes. Karenanya, memerlukan penyusunan alur makan yang tepat serta sehat supaya Anda tetaplah dapat konsumsi makanan manis sembari menjaga kandungan gula darah Anda tetaplah normal.
1. Batasi jumlah konsumsi makanan manis

Kunci paling utama menghindar gula darah naik yaitu memperhatikan jumlah konsumsi makanan manis keseharian. resep cemilan sehat Coba untuk membatasi mengkonsumsi permen, martabak manis, cookies, kue, serta makanan tinggi gula yang lain cuma diakhir minggu atau acara-acara spesifik saja.

Penuhi keinginan Anda untuk konsumsi makanan manis cukup hanya seporsi kecil saja. Hal semacam ini dikerjakan supaya Anda dapat beradaptasi dengan keperluan gula sekalian menyeimbangan nutrisi pada badan Anda.
2. Kurangi konsumsi karbohidrat

Karbohidrat yaitu satu diantara penyebabnya gula darah naik. Pasalnya, karbohidrat yang dikonsumsi juga akan dipecah jadi gula simpel yang lalu masuk ke aliran darah. Bersamaan dengan kenaikan kandungan gula darah itu, organ pankreas keluarkan hormon insulin untuk mendorong beberapa sel badan menyerap gula dari darah. Perihal ini pula yang buat gula darah Anda turun serta stabil.

Tetapi, apabila konsumsi gula sangat banyak, maka beberapa sel badan juga akan kesusahan merubah gula dari darah jadi daya. Mengakibatkan, kandungan gula darah jadi bertambah.

Maka, bila Anda menginginkan tetaplah konsumsi makanan manis, jaga kandungan gula darah Anda dengan kurangi konsumsi karbohidrat. Umpamanya dari nasi putih, roti, kentang, jagung, serta sumber karbohidrat yang lain. Telah banyak riset yang tunjukkan kalau konsumsi makanan rendah karbohidrat bisa menolong menghindar lonjakan gula darah.

Bukanlah bermakna Anda tidak bisa makan nasi atau sumber karbohidrat yang lain sekalipun. Pasti masih tetap bisa, tapi bebrapa sekali lagi cermati porsinya.
3. Seimbangkan dengan olahraga

Apabila Anda menginginkan tetaplah konsumsi makanan manis favorite Anda, Anda butuh menyeimbangkannya dengan berolahraga teratur. Pasalnya, berolahraga bisa menolong mengatur kandungan gula darah normal dengan tingkatkan sensitivitas sel pada hormon insulin.

Berolahraga teratur buat sel otot menyerap gula dari darah secara cepat, hingga turunkan kandungan gula darah yang naik. Kerjakan berolahraga dengan intensitas tengah atau tinggi, keduanya dapat kurangi lonjakan gula darah.
4. Memperbanyak konsumsi makanan tinggi serat

Bila Anda tidak dapat menahan keinginan konsumsi makanan manis, cobalah penuhi rasa ngidam Anda dengan makanan kaya serat lewat sayur-sayuran, buah-buahan serta kacang-kacangan seperti kedelai. Kedelai adalah sumber serat yang dapat jadi pilihan Anda.

Type serat yang dapat mengatur gula darah yaitu serat larut. Sebab, serat larut bisa membuat zat seperti gel yang menolong perlambat penyerapan karbohidrat di usus. Berikut yang buat gula darah tetaplah stabil, bahkan juga dapat juga buat Anda kenyang lebih lama.
5. Memperbanyak minum air putih

Setelah konsumsi makanan manis, selekasnya memperbanyak minum air putih. Makanan manis buat Anda terasa cepat haus, hingga mesti selekasnya dipenuhi sekali lagi dengan cairan untuk menghindar dehidrasi.

Apabila Anda tidak selekasnya minum, badan Anda mungkin saja alami dehidrasi. Sebab, badan Anda juga akan hasilkan hormon vasopresin yang mendorong ginjal untuk menahan cairan. Ini buat badan Anda menghindar keluarkan keunggulan gula dalam urine. Mengakibatkan, gula terjerat didalam aliran darah serta buat gula darah naik.

Satu studi pada 3. 615 orang temukan kalau peserta yang minum satu liter air putih satu hari turunkan resiko kenaikan gula darah sebesar 21 %, dari pada peserta yang cuma minum kurang dari 473 mililiter dalam satu hari.

Jumlah air yang perlu Anda mengkonsumsi tidak sama, bergantung umur serta tingkat kesibukan Anda. Yang terutama yaitu yakinkan untuk penuhi keperluan cairan Anda meskipun Anda tidak terasa haus.
6. Senantiasa check info gizi pada makanan serta minuman

Waktu pilih minuman atau makanan manis dalam paket, yakinkan selalu untuk membaca label info nilai gizi. Dapatkan jumlah gula serta karbohidrat yang terdapat didalam makanan. Letakkan pilihan Anda product rendah gula saja supaya gula darah tetaplah terbangun.

Jauhi makanan olahan atau paket seperti sup kaleng, makanan beku, atau makanan rendah lemak yang seringkali memiliki kandungan gula tersembunyi. Sebagian makanan beda yang diam-diam menaruh gula salah satunya makanan paket, makanan pokok seperti roti, sereal, saus pasta, margarin, kentang tumbuk, serta saus tomat. Karenanya, senantiasa baca label info gizi pada paket untuk meyakinkan berapakah kandungan gula serta karbohidratnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *