Manusia Purba Di Indonesia

Ciri-Ciri Manusia Purba
Fosil Manusia Purba Di Indonesia

Berbicara mengenai sejarah peradaban manusia masih ingat beberapa manusia purba yang sempat ditemukan di indonesia?. Iya benar sekali, penemuan manusia purba menjadikan indonesia cukup dikenal karena penemuan fosil yang langka itu turut mengundang banyak perhatian dunia terutama media massa dari berbagai negara di seantero dunia.

Penemuan tersebut menjadikan kita sebagai anak bangsa turun bangga akan keunikan dari berbagai manusia purba yang telah ditemukan. Sudah selayaknya kita mencoba untuk melesterikan penemuan tersebut salah satu caranya dengan mengunjungi situs penemuan fosil manusia purba dengan study tour ke musium serta turuk aktif dalam menyampaikan informasi terkait dengan manusia purba. Supaya anda memiliki referensi lebih lengkap manusia purba, berikut ini informasi seputar manusia purba maka dari itu saksikan dan amati.

Manusia Purba Di Indonesia:

  1. Homo Floresiensis

Manusia purba yang satu ini hampir sama dengan manusia pada masa sekarang. Hal tersebut karena sudah mampu menggunakan berbagai alat-alat yang cukup modern lebih tepatnya menggunakan alat yang sudah dipertajam dengan amplas serta memiliki kesadaran untuk saling berkelompok guna membentuk suatu koloni.

Supaya lebih jelas lagi ada beberapa ciri khusus pada manusia ini diataranya berupa :

  1. Memiliki tinggi badan 130 sampai 210 cm
  2. Berat badanya sekitar 30 sampai 150 kg
  3. Masa kehidupannya berkisar 25.000 sampai 40.000 tahun silam
  4. Memiliki bentuk fisik seperti manusia saat ini
  5. Dahinya agak menonjol
  6. Mulut agak merongol
  7. Memiliki muka yang lebar serta hidung lebar
  8. Pitecantropus Mojokertensis

Seperti namanya manusia purba yang satu ini memiliki nama seperti tempat fosil tersebut ditemuakan  yakni di mojokerto, penemuan fosil ini cukup mutahahir pada zamannya lebih tepatnya ditemuakan oleh eungene dubois.

  1. Pitecantropus soloensis

Penemuan fosil ini menjadikan daerah solo menjadi cukup terkenal karena manusia purba soloensis berhasil ditemuakn dikota solo dengan daerah bernama ngandong.

Karakteristik nya:

  1. Memiliki tinggi tubuh sekitar 165 sampai 180 cm
  2. Tengkorak kepala memiliki kening yang tebal dan agak menonjol
  3. Hidung lebar
  4. Diketahui memakan tumbuhan dan daging (omnifora)
  5. Tulang belakang agak menonjol
  6. Memiliki tubuh yang tegak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *